Profil Desa

Desa Manggaan adalah salah satu desa yang terletak di wilayah Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Saat ini (2023), desa Manggaan dipimpin oleh Bapak Marsyaid yang menjabat sebagai Kepala Desa. Desa Manggaan memiliki 6 dusun, yaitu :

  1. Tengginah yang saat ini dipimpin oleh Pak Choiri sebagai Kepala Dusun
  2. Dagang Bengkon yang saat ini dipimpin oleh Pak Dohri sebagai Kepala Dusun
  3. Sumberkara yang saat ini dipimpin oleh Pak Lukman sebagai Kepala Dusun
  4. Sayangan yang saat ini dipimpin oleh Pak Heki sebagai Kepala Dusun
  5. Kobengan yang saat ini dipimpin oleh Pak Tohe sebagai Kepala Dusun
  6. Ruk' buruk yang saat ini dipimpin oleh Pak Rubei sebagai Kepala Dusun

Dari aspek pendidikan belum bisa dikatakan sebagai desa yang maju karena terlihat dari tidak adanya fasilitas yang memadai seperti pendidikan dimana masyarakat kurang berminat dalam menempu pendidikan hanya terdapat 2 sekolah dasar yaitu SDN Manggaan dan SD Terbuka dan 1 SMP Terbuka.

Dari segi infrastruktur desa Manggaan sudah terdapat balai desa namun tidak terdapat papan informasi atau pengumuman sebagai media informasi masyarakat. Namun terdapat fasilitas umum yang telah dimiliki oleh desa seperti Masjid dan sekolah.

Untuk potensi sumber daya alam dan hasil pertanian/perkebunan di desa manggaan berupa Jagung, kacang, cabai dan nangka sedangkan peternakannya berupa sapi, kambing dan ayam. Sumber daya alam yang tersedia adalah lahan pertanian. Warga desa manggaan selalu menyimpan hasil komoditinya untuk dikonsumsi sendiri dan hanya dijual jika ada kelebihan persediaan makanan. Kesenian yang mendominasi di desa manggaan adalah hadrah atau al banjari.

Untuk makanan khas yang ada di Desa ini yaitu keripik Gedhung yang berbahan dasar umbi umbian yang direndam di dalam air selama kurang lebih 3 hari, lalu setelah itu dikeringkan lalu digoreng.

Desa Manggaan
Gambar 1. Suasana Desa Manggaan


Letak Geografis

Secara geografis kecamatan Modung terletak di sebelah selatan kecamatan Galis dan berbatasan langsung dengan kabupaten Sampang. Kecamatan ini terdiri dari 17 desa diantaranya yaitu desa Alaskokon, desa Pakong, desa Glasgis, desa Karanganyar, desa Manggaan, desa Brakasdaja, desa Karanganyar, desa Modung, desa Suwaan, desa Langpanggang, desa Patengteng, desa Serabi Barat, desa Pangpajuh, desa Patereman, desa Serabi Timur, desa Neroh, desa Paeng, dan desa Kolla.

Untuk desa Manggaan sendiri, berbatasan dengan desa Pakong dan Glisgis di sebelah Barat, desa Karanganyar di sebelah selatan, dan kecamatan Galis di sebelah timur dan utara. Secara geologis desa Manggan termasuk ke dalam daerah dataran tinggi.