Sebagai rentetan dari kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok KKN 33 dan untuk meningkatkan tali silaturahmi, kelompok KKN 33 melaksanakan kunjungan dusun ke enam dusun yang berada di Desa Manggaan, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur. Kunjungan dusun ini merupakan salah satu program kerja unggulan yang disusun oleh kelompok 33 yang berasal dari Universitas Trunojoyo Madura.

Tujuan dari kunjungan dusun ini adalah untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan terkait apa yang akan dilakukan oleh kelompok KKN 33 selama masa KKN di Desa Manggaan. Selain itu, kunjungan dusun ini juga bertujuan untuk menggali potensi dan kebutuhan masyarakat desa, serta membangun sinergi dan kerjasama yang harmonis antara mahasiswa KKN dan masyarakat desa.

Kunjungan dusun ini dilakukan secara bertahap, mulai dari tanggal 25 Desember 2023 hingga 28 Desember 2023. Berikut adalah urutan dan hasil dari kunjungan dusun yang dilakukan oleh kelompok KKN 33.

Dusun Ruk’ buruk

Kunjungan pertama dilakukan ke dusun Ruk’ buruk pada tanggal 25 Desember 2023. Mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Rubei, dan beberapa tokoh masyarakat. Kelompok KKN 33 memperkenalkan diri dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan. Kepala Dusun dan masyarakat dusun Ruk’ buruk menyambut baik kehadiran dan rencana kegiatan kelompok KKN 33. Mereka juga berbagi informasi tentang kondisi dan permasalahan yang dihadapi oleh dusun mereka, seperti kurangnya sarana pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Kelompok KKN 33 berjanji akan berusaha membantu menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kemampuan dan kewenangan mereka.

Gambar 1. Foto bersama Kepala Dusun Ruk' Buruk

Dusun Dagang Bengkon

Kunjungan kedua dilakukan ke dusun Dagang Bengkon pada tanggal 26 Desember 2023. Sama seperti Ruk' Buruk, mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Dohri, dan beberapa warga. Kelompok KKN 33 memperkenalkan diri dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan. Kepala Dusun dan masyarakat dusun Dagang Bengkon menyambut baik kehadiran dan rencana kegiatan kelompok KKN 33.

Gambar 2. Foto bersama kepala dusun Dagang Bengkon

Dusun Sumberkara

Kunjungan ketiga dilakukan ke dusun Sumberkara pada tanggal 26 Desember 2023. Mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Lukman, dan beberapa warga. Kelompok KKN 33 memperkenalkan diri dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan. Kepala Dusun dan masyarakat dusun Sumberkara menyambut baik kehadiran dan rencana kegiatan kelompok KKN 33, serta siap membantu jika kelompok KKN 33 membutuhkan bantuan dari mereka.

Gambar 3. Foto bersama Kepala Dusun Sumberkara

Dusun Kobengan

Kunjungan keempat dilakukan ke dusun Kobengan pada tanggal 28 Desember 2023. Mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Tohe, dan beberapa warga. Kelompok KKN 33 memperkenalkan diri dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan. Kepala Dusun dan masyarakat dusun Kobengan menyambut baik kehadiran dan rencana kegiatan kelompok KKN 33.

Gambar 4. Foto bersama Kepala Dusun Kobengan

Dusun Sayangan

Kunjungan kelima dilakukan ke dusun Sayangan pada tanggal 28 Desember 2023. Mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Heki, dan beberapa warga. Kelompok KKN 33 memperkenalkan diri dan menjelaskan program kerja yang akan dilakukan. Kepala Dusun dan masyarakat dusun Sayangan menyambut baik kehadiran dan rencana kegiatan kelompok KKN 33. '

Gambar 5. Foto bersama Kepala Dusun Sayangan

Dusun Tengginah

Kunjungan keenam dan terakhir dilakukan ke dusun Tengginah pada tanggal 28 Desember 2023.  Mayoritas penduduk dusun ini bermata pencaharian sebagai petani. Dalam kunjungan ini, kelompok KKN 33 disambut oleh Kepala Dusun, Bapak Choiri, dan beberapa petinggi dusun. Bapak Choiri berterima kasih karena kelompok KKN 33 sudah melakukan kunjungan ke dusun Tengginah, Pak Choiri lalu menceritakan apa saya yang terdapat di dusun Tengginah, seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, dan lain-lain. Tak lupa, kelompok KKN 33 juga menjelaskan terkait program kerja yang akan dilakukan. Pak Choiri dan segenap warga desa mengatakan akan mendukung penuh program kerja yang dilakukan dan siap memberikan bantuan jika diperlukan.

Gambar 6. Foto bersama Kepala Dusun Tengginah